Sosialisasi Kelurahan Cinta Statistik (CANTIK)

Banjarmasin, 25 September 2024 - Telah dilaksanakan kembali kegiatan Sosialisasi Kelurahan Cinta Statistik (CANTIK) pada hari Rabu, tanggal 25 September 2024 pukul 09.00 WITA - selesai, dengan Narasumber yang berasal dari Badan Pusat Statistik Kota Banjarmasin. 

Rapat dibuka oleh Plt. Lurah Pemurus Luar, dalam sambutan beliau mengharapkan kepada semua Ketua RT dan Kader yang ada di lingkungan wilayah Kelurahan Pemurus Luar untuk mengikuti acara ini sampai selesai, karna pentingnya acara tentang Manajemen data, invertensi untuk penurunan stunting secara terintegrasi.

Sambutan awal terkait stunting dilakukan oleh Bapak Zuruddin Zain, S.Si dan dilanjutkan oleh narasumber utama yaitu Ibu Banna Izzatul Hasanah, S.Tr.Stat. mengenai manajemen data (pembuatan data secara sederhana).

Definisi Kelurahan Cinta Statistik

Kelurahan Cinta Statistik atau Desa Cantik adalah program pembinaan statistik yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di tingkat kelurahan atau desa. Program ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan kesadaran dan literasi masyarakat dan perangkat desa/kelurahan dalam penyelenggaraan statistik
  2. Meningkatkan peran aktif masyarakat dan perangkat desa/kelurahan dalam penyelenggaraan statistik
  3. Membentuk agen-agen statistik di tingkat desa/kelurahan
  4. Meningkatkan kualitas data statistik
  5. Memastikan pengelolaan data statistik terstandarisasi
  6. Memastikan indikator statistik terjaga kualitas dan keterbandingannya
  7. Memastikan data statistik dimanfaatkan dan digunakan secara optimal
  8. Memastikan program pembangunan di tingkat desa/kelurahan tepat sasaran

Program ini dilatarbelakangi oleh Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. 

Dokumentasi









Komentar